Download Home / About / Services / Sitemap / Contact

Patah Sakit Gigi - Cracked Tooth Syndrome

Leave a Comment

Sakit gigi retak ditandai dengan nyeri ketika mengunyah atau / dan sensitivitas ekstrim saat mengonsumsi makanan dingin atau panas. Kondisi ini dikenal sebagai sindrom gigi retak dan hal itu disebabkan oleh retak atau patah tulang di gigi. Tingkat keparahan sakit gigi retak tergantung pada seberapa dalam fraktur, dan seberapa dekat dengan pulpa gigi itu meluas.Penyebab Retak Sakit Gigi
Enamel yang merupakan lapisan luar gigi adalah jaringan yang paling sulit dalam tubuh manusia tetapi tidak bisa dipecahkan. Jika untuk alasan apapun enamel retak, kerusakan dapat dengan mudah meluas ke lapisan dentin lembut di bawah dan ke ruang pulpa gigi yang mengandung saraf gigi di tengah gigi.
Kebanyakan retak umum mempengaruhi mahkota gigi mulai dari permukaan menggigit dan dengan waktu perlahan-lahan memperluas ke akar. Fraktur terbatas pada enamel jarang akan menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan.
Jika retak memanjang hanya sedalam dentin, gigi menjadi sensitif terhadap panas, dingin atau sentuh karena dentin terbuka. Mengunyah menyebabkan pergerakan cairan dalam mikrotubulus dentin yang mengakibatkan rasa sakit yang tajam mirip dengan gigi sensitif. Rasa sakit dirasakan terutama antara gigitan ketika tekanan dilepaskan dari gigi.
Jika retak telah mencapai ruang pulpa, mengunyah dapat menyebabkan pergerakan bagian retak gigi menjengkelkan pulp dan saraf gigi mengakibatkan sesaat, nyeri yang tajam. Jika kondisi ini tidak diobati, selain karena harus menderita sakit gigi retak, pulp dapat menjadi rusak secara permanen. Dalam hal ini sakit gigi akan mengintensifkan dan muncul bahkan tanpa rangsangan eksternal. Bakteri juga dapat menyerang melalui celah dan masuk ke jaringan pulpa menyebabkan infeksi yang menyakitkan.
Celah yang menyebabkan sakit gigi mungkin tidak terlihat oleh mata jika itu adalah salah satu yang sangat kecil atau jika berada dalam daerah akar bawah gusi. Kadang-kadang bahkan sinar-x mungkin gagal untuk mengungkapkan rambut seperti 'tersembunyi' celah kecil. Fraktur gigi kecil tidak menyebabkan gejala, sehingga masalah mungkin ada untuk waktu yang lama sebelum pasien mulai merasakan sakit gigi retak.
Sebuah celah gigi dapat terjadi dalam beberapa kondisi, seperti:

    
Memakai alam
    
Mengepalkan atau grinding gigi (bruxism)
    
Kebiasaan buruk seperti menggigit pensil
    
Kecelakaan / luka mulut
    
Tambalan besar dapat melemahkan gigi yang mengakibatkan fraktur gigi
    
Komplikasi selama / setelah terapi endodontik
Pengobatan retak Sakit Gigi
Sakit gigi retak seperti halnya sakit gigi lainnya tidak boleh diabaikan. Mengunjungi dokter gigi dapat membantu untuk mendiagnosis retak / retak gigi sebelum retak menyebabkan kerusakan tidak dapat diperbaiki pada gigi. Retak gigi tidak sembuh seperti celah di tulang. Sebuah celah hanya akan bertambah buruk berkembang lebih banyak dan meningkatkan risiko untuk memerlukan perawatan yang rumit atau menderita kehilangan gigi. Pada kenyataannya, bahkan setelah pengobatan, gigi retak sebelumnya tetap rentan terhadap patah tulang baru di masa depan.
Perawatan untuk sakit gigi retak tergantung pada jenis, lokasi, dan tingkat keparahan retak.

    
Jika retak tidak terlalu dalam dan didiagnosis cukup dini, ketika itu hanya mempengaruhi enamel atau sebagian dentin, mengisi gigi sederhana dapat menawarkan pengobatan yang memadai. Dokter gigi akan mengevaluasi memperpanjang kerusakan dan memutuskan apakah obat sakit gigi diperlukan. Untuk gigi retak atau retak yang luas dalam, mahkota gigi dapat membantu menjaga integritas gigi dan mencegah kerusakan lebih lanjut.
    
Kasus sindrom gigi retak retak di mana telah mencapai dan rusak pulp gigi (pulpa nekrosis) akan membutuhkan perawatan endodontik sebelum mereka dapat dikembalikan. Perawatan saluran akar diperlukan juga dalam kasus celah menyebabkan infeksi gigi oleh bakteri. Sebuah posting dan mahkota umumnya digunakan untuk mengembalikan gigi retak setelah terapi saluran akar.
    
Retak akar yang dimulai dari ujung akar dan kemajuan menuju pusat gigi dapat diobati pada gigi multirooted dengan prosedur yang dikenal sebagai apicoectomy (root reseksi) yang mencakup penghapusan akar terpengaruh.
    
Sebuah berakar gigi tunggal dengan celah akar tidak diobati dan itu harus diekstrak.
    
Dalam beberapa kasus sakit gigi yang parah retak, kerusakan mungkin begitu luas sehingga gigi tidak dapat dipertahankan dan ekstraksi gigi diperlukan. Sebuah gigi split (patah vertikal dalam dua bagian) atau akar gigi dikhususkan dengan celah akar adalah contoh kasus yang gigi biasanya akan harus dihapus untuk mengurangi rasa sakit dari retak atau patah.
Pencegahan Retak Sindrom Gigi
Meskipun celah gigi dapat terjadi secara tidak sengaja pada waktu, rekomendasi berikut dapat membantu untuk mengurangi risiko sakit gigi retak:
Hentikan kebiasaan buruk seperti menggigit pensil
Jangan mengepalkan atau menggiling gigi Anda. Kenakan penjaga malam mulut sampai Anda berhenti kebiasaan
Kenakan penjaga mulut ketika bermain olahraga kontak
Hati-hati ketika makan makanan keras
Ganti tambalan besar dengan mahkota gigi

http://www.tooth-pain-relief.com/cracked-tooth-pain.htm
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar